Kamis, 16 Mei 2013

apa itu memahami dan dan bagaimana cara kita memahami

sebuah pemikiran yang menghasilkan berjuta pendapat, opini, bahkan pengembangan ilmu kita dapat dari pemikiran kita, tergantung seberapa keras kita mau berpikir, dan seberapa keras kita mau berusaha untuk berani mengungkapkan pikirian kita sehingga menjadi bentuk opini yang akhirnya nanti di jadikan pedoman sebuah pengetahuan dengan kita sebagai nara sumbernya di generasi berikutnya, dan itu adalah sebua pemahaman yang menghasilkan spengertian.

dimulai dari pemahaman, pemahaman adalah suatu bentuk pengertian yang kita serap dari sebuah ilmu atau dari apa yang kita dapat, kita lihat, dan kita dengar yang akhirnya kita simpan dalam memori otak kita untuk kita mengerti apa itu dengan jelas, itu adalah pemahaman menurutku.
pemahaman berasal dari kata paham yang bisa diartikan mengerti, dan mengapa harus di beri tambahan pe- sehingga kita menyebitnya pemahaman, karena paham adalah sebuah kata baku yang berarti baku pula dalam bentuk nyatanya. dan paham berbeda dengan mengetahui, orang menbgetahui belum tentu paham apa sebenarnya itu, misal  tentang sebuah alat, kita bisa tau itu benda, namun belum tentu kita paham apa benda itu, begitu juga antara paham dan pemahaman, kita tau benda itu, dan kita paham itu adalah sebuah mesin dan kita paham itu adalah mesin pencetak kertas, namun pemahamannya belum tettu kita mengerti, kenapa? karena pemahaman di sini kita harus tau apa mesin ini, apa guna mesin ini, bagaimana cara kerja mesin ini, dan kita mampu mencari bagaimana cara pengoprasiannya. itulah pentingnya sebuah pemahaman dalam hidup kita, itulah pentingnya mengerti sebuah pengertian dan paham sebuah pemahaman.

intinya, tanpa kita mengerti sebuah pengertian kita tidak akan dapat mengetahui apa pengertian itu sendiri, tanpa kita paham sebuah pemahaman dari sebuah definisi, kita tidak akan pernah mengetahui definisi tersebut. kita harus mengetahui sesuatu hal untuk dipahami setelah kita paham akan hal tersebut, kita juga harus mengetahui apa jyang akan kita pahami untuk mendapat pemahaman tersebut. so... jadi pemahaman itu adalah bentuk pengetahuan yang lebih mendalam dan lebih jelas, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan atas apa yang kita ketahui, dan mampu mennjabarkan dengan benar atas ilmu yang kita dapat, that is pemahaman,. dengan kata lain pemahaman adalah kejelasan menurut apa yang kita cerna dan apa yang kita tahu, maka dari itu pemahaman dari masing-masing orang berbeda dan meraeka memiliki cara sendiri-sendiri untuk memahami sesuatu.

memhamai, mungkin hanya sebuah kata dengan huruf alfabet seperti yang lainnya, namun dalam praktiknya sangat sulit untuk di jalankan dan didapatkan pemahaman yang baik untuk sebuah ilmu, pendapat, opini, cerita dan lain sebagainya yang dapat dipahami, yang akan fatal akibatnya jika ada mis pemahaman atau salah memahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar