Senin, 01 Juli 2013

cara mengatur keuangan dengan baik

hay guys, selamat sore, mungkin banyak orang yang tak perduli dengan postinganku kali ini, tapi dari pada gak ada kegiatan aku coba sedikit berbagi tips dengan kalian tentang cara mengatur keuangan dengan baik.

banyak sebagian dari kita tak memperdulikan tentang hal ini, padahal ini sangat penting apa lagi buat orang kaya aku. anak muda dengan penghasilan pas-pasan yang mungkin harus dicukup-cukupin walau kadang tidak cukup, okey langsung aja guys, bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik :
  1. pertama-tama kita hasus tau tentang kata-kata ini, munkin kalian banyak yang belum menmdengarnya karena kata-kata ini aku sendiri yang buat, dari sebuah pola pikir untuk memotifasi diri sendiri, sulit memang. bunyinya gini "Berfikirlah seperti orang kaya jangan berfikir seperti orang miskin" aneh sih tapi yang penting kan kesimpulannya : jika orang kaya mendapatkan uang dia akan berfikir mau buat usaha apa ya uangku ini biar bisa berlipat ganda / beda dengan orang miskin dan memiliki jiwa untuk miskin jika mendapatkan uang dia berfikir mau buat beli apa ya uang ini. bener kan ? fikir kembali, nah itu sedikit motifasinya.
  2. yang kedua adalah mengatur jadwal pengeluaran keuangan kita sebelum gajian diterima, karena kalau setelah gajian diterima dan rencana kita belum ada pasti kita akan berfikir mau buat jajan apa ya uang ini. hehehehehe..... kita lihat kita planing dulu kita mau kemana bulan ini, kita mau ngapain bulan ini, jangan berfikir mau beli apa dulu, tapi kebutuhan yang terpenting yang kita butuhmkan dulu yang kita agendakan.
  3. tabung sebagian uang dan anggap sebagai uang mati, dengan cara itu pundi-pundi keuangan kita tidak akan tekor tapi akan semakin bertambah tiap bulan.
  4. jika semua planing sudah tersusun rapi dan ternyata ada kebutuhan mendadak, jangan buru-kita ambil keputusan untuk membongkar tabungan, ingat.... anggap tabungan sebagai uang yang gak ada, usaha dulu, lihat pegangan kigta masih ada tidak, apa ada sebagian dari rencana pengeluaran kita yang bisa dikalahkan dan ditukar dengan rencana dadakan ini, kalau ada kita ambil aja, kita tunda planing yang awal untuk planing mendadak yang lebih penting. kalau perlu kita hutang. dan hutang itu kita masukkan kedalam planing pengeluaran bulan depan, namun tetap harus disusun rapi. jangan sampi malah kita yang terjerat hutang.
  5. batasi pengeluaran untuk jajan. jajan sih boleh tapi jangan terus foya-foya, lihat kemampuan kita, setelah semua planing tersusun, kita lihat sisa dari semua di atas, nah itu jatah jajan kita, jangan anggap jajan sebagai kebutuhan yang mendesak lho ya....... kita atur dengan jumlah uang segini kita bisa jajan berapa kali. contoh sederhana : sisa uang kita tinggal 125.000, dan uang ini khususus untuk jajan, jika kita atur sekali jajan 5.000 rupiah maka hanya akan dapat 25 hari jajan, jadi kita atur jadwal main kita agar kita bisa sering kelihatan dimata temen-temen dengan cara sehari ini maen, besok enggak, kita kan cuma butuh gak jajan 5 hari dalam 30 hari, lumayan kan,
  6. masih dalam jajan, jika dalam satu hari kita jajan lebih dari 5.000, misalnya 15.000, kita harus anggap uang itu hutang, hutang pada hari berikutnya, yang tadinya jadwal gak jajan kita 5 hari, karena kita udah nambah 10.000 dalam satu hari yang artinya 2 hari uang jajan, maka jadwal gak jajan kita jadi 7 hari, dan kita harus terima konsekuensi dari aturan yang kita buat sendiri, secara tidak langsung ini juga mengajarkan tanggung jawab guys.
  7. yang terakir, jadikan itu sebagai peraturan yang gak boleh kita langgar dalam diri sendiri, ciptakan tanggung jawab pada diri sendiri guys, tinggal di kembangkan dan mengaturnya sesuai dengan penghasilan kita, demi masa depan juga guys....
terima kasih guys sudah menyimak, semoga bermanfaat, setidaknya dalam satu bulan yang bisanya belum nyampe pertengahan udah abis kini bisa lebih guys, selamat mempraktekan, pertamanya sulit guys, kita sering berfikir toh ini peraturanku, ini juga uangku, ngapain ribet amat, itu semua kembali pada diri masing-masing, dan kalian sendiri yang menentukan masa depan kalian dengan tindakan kalian saat ini.
semoga sukses, tetap semangat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar